Sabtu, 15 Mei 2010

BUNGA GARDENIA SEBAGAI PEWANGI & OBAT

Bunga Gardenia (Gardenia Augusta) atau lebih dikenal dengan kacapiring banyak ditanam sebagai tanaman hias dipot atau sebagai tanaman pagar. Aroma bunganya harum dank has. Bunganya pun indah,bentuknya mirip bunga mawar dengan tajuk-tajuk melingkar dan bersusun. Warna bunganya putih dan kuning. Daunnya berbentuk oval, tebal, licin, dan mengilap pada permukaan telapak daun bagian atasnya.

Tanaman yang diperkirakan berasal dari Cina atau Jepang ini mengandung unsure linalool dan styrolyl yang mampu memancarkan aroma harum sehingga sering digunakan sebagai bahan untuk membuat minyak wangi. Selain bunganya, daun-daun Gardenia juga berkhasiat sebagai obat, terutama jenis yang berbunga besar. Beberapa khasiat itu diantaranya:
 Diabetes
Ambil 12 lembar daun Gardenia, rebus dalam dua gelas air. Biarkan mendidih sampai tinggal setengahnya. Minum sekaligus, dan ulangi setiap hari.
 Demam
Siapkan 7 lembar daun Gardenia. Remas daun-daun dengan segelas air, lalu saring. Tambahkan gula batu, aduk-aduk sampai merata. Saringlah, kemudian minum hingga demam berkurang.
 Sariawan
Ambil 7 lembar daun Gardenia, 2 sendok makan madu, dan 1 potong gula batu. Remaslah daun-daun tadi, tambah dengan 1 cangkir air, lalu saring. Hasil saringan dicampur dengan madu dan gula batu, lalu aduk sampai merata. Minum setiap 2 hari sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Convert By NewBloggerTemplates Wordpress by WpThemesCreator